Tips Belajar Fisika

Tips Belajar Fisika Agar hasil Ujian Maksimal

Tips Belajar Fisika. Pertama-tama, mari kita akui bahwa fisika berbeda dari kebanyakan mata pelajaran lain yang Anda temui di sekolah karena sangat bergantung pada pemecahan masalah.

Itu berarti fisika lebih sedikit bergantung pada ingatan dan lebih banyak pada penerapan ide dan konsep untuk memecahkan masalah. Ini juga berarti bahwa pertanyaan yang Anda lihat pada ujian fisika tidak akan menjadi masalah pekerjaan rumah dengan angka yang berbeda.

tips belajar fisika

Jadi jika Anda ingin berhasil di pelajaran fisika, Anda perlu memahami * cara * untuk mendekati masalah, mengatur informasi yang Anda berikan, menerapkan konsep, dan memanfaatkan matematika untuk memecahkan masalah.

10 Tips agar Siswa sukses belajar Fisika

Belajar Fisika setiap hari.

Belajar fisika satu jam per hari selama tujuh hari lebih baik daripada belajar tujuh jam dalam satu hari. Butuh waktu bagi otak Anda untuk menyerap dan memproses konsep-konsep fisika, Anda memberinya waktu dengan belajar setiap hari.

Baca buku teks fisika.

Jika Anda tidak menyukai buku teks Anda, pergilah ke perpustakaan dan dapatkan buku lain. Ada banyak buku teks fisika yang mencakup topik-topik kelas Anda, temukan buku yang berbeda jika Anda tidak suka buku Anda. Saya terkejut dengan jumlah siswa yang berpikir mereka dapat bertahan tanpa buku teks.

Baca buku teks sebelum Kelas di Mulai.

Jika Anda masuk ke kelas tanpa mengetahui apa yang akan dibicarakan hari ini, Anda sudah ketinggalan. Baca buku sebelum kuliah.Ini tidak semua masuk akal untuk pertama kalinya, tetapi belajar konsep abstrak adalah tentang pengulangan dan interaksi. Anda akan mengambil lebih banyak dari kuliah jika Anda membaca buku sebelum kelas.

Selalu hadir di Kelas dan Beri perhatian

Pikirkan Anda dapat melewatkan kelas karena Anda sudah memiliki catatan ? Pikirkan lagi. Pikirkan Anda bisa multitask dan memeriksa facebook saat di kelas? Pikirkan lagi.

Ada korelasi yang sangat kuat antara kehadiran dan nilai. Dan ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kita adalah multitaskers yang mengerikan. Muncul dan perhatikan.

Jadilah pelajar aktif.

Studi menunjukkan bahwa Anda belajar lebih banyak ketika Anda secara aktif berpartisipasi di kelas. Cobalah untuk mengerjakan contoh soal. Pikirkan pertanyaan yang akan Anda tanyakan selama kelas berlangsung. (Anda tidak perlu mengajukan pertanyaan, tulis saja sehingga Anda dapat mencari jawabannya nanti, atau berbicara dengan guru fisika anda Setelah kelas.)

Belajar bersama Teman Sekelas anda.

Jika Anda berpikir Anda mengerti bagaimana melakukan suatu masalah, cobalah untuk menjelaskannya kepada teman yang sedang Anda pelajari.

Jika Anda tidak dapat menjelaskannya, Anda tidak memahaminya seperti yang Anda pikirkan. Bekerja dalam kelompok bermanfaat bagi semua orang yang terlibat.

Ikuti Praktek di laboratorium dengan serius.

Ini sejalan dengan menjadi pembelajar siswa aktif. Percaya atau tidak, laboratorium memberikan kesempatan untuk benar-benar melihat dari dekat apa yang sedang terjadi. Laboratorium dirancang dan dikembangkan untuk membantu pembelajaran Anda. Cobalah untuk memprediksi apa yang akan terjadi sebelum Anda mencoba eksperimen. Jika Anda duduk dan menonton, Anda tidak akan mendapatkan apa pun darinya.

Belajar pada Contoh pemecahkan suatu masalah Fisika.

Ini penting.Cara terbaik untuk belajar tentang teknik pemecahan masalah adalah dengan melihat bagaimana masalah diselesaikan. Buku contoh telah berhasil. Saran saya adalah untuk menutupi solusinya, dan mencoba untuk memecahkan contoh sendiri.

Ini memaksa Anda untuk memikirkan bagaimana Anda akan mendekati masalah * sebelum * Anda melihat solusinya. Setelah Anda memberinya upaya serius, lihat solusinya. Jika Anda tidak mencobanya sendiri, Anda akan melihat solusinya dan berkata, “Ya, itu masuk akal …” dan Anda hampir tidak mendapatkan apa-apa darinya.

Berlatih memecahkan masalah Fisika.

Apakah Anda tahu siapa saja yang membaca buku tentang mengendarai sepeda dan kemudian langsung menjadi ahli sepeda? Bukan saya. Semua orang yang saya kenal harus berlatih, berlatih, berlatih untuk naik sepeda. Sama dengan memecahkan masalah dalam fisika.

Memang benar bahwa beberapa orang dapat mengendarai sepeda dengan sedikit latihan daripada yang lain, tetapi semua orang perlu berlatih. Cobalah untuk memecahkan banyak masalah praktik yang Anda bisa.

Cari bantuan jika menemui kesulitan !

Sering kali, Anda dapat membenturkan kepala ke dinding selama berjam-jam dan mencoba memecahkan masalah yang sulit, atau Anda bisa mendapatkan saran dari guru fisika Anda dalam waktu sekitar 10 menit. Bisa juga melalui guru les fisika untuk membantu Anda.

Bagi anda yang masih merasakan kesulitan dalam memahami pelajaran fisika baik level SMP maupun SMA butuh bimbingan belajar. Bisa memanggil guru les privat fisika ke rumah anda lokasi Jakarta, Bekasi, depok dan tangerang Selatan.