Training Bahasa Inggris Untuk karyawan

Anda akan atau baru mengikuti in house training bahasa Inggris untuk karyawan? Pelatihan yang digelar perusahaan atau korporat tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa karyawan dan kualitas sumber daya alam supaya semakin mampu bersaing di dunia kerja.

Tunjang Materi In House Training Bahasa Inggris untuk Karyawan dengan Cara-cara Ini!

Meski demikian, Anda tak bisa selamanya menggantungkan diri pada in house training bila ingin lancar dan menguasai bahasa Inggris. Apalagi program tersebut bukan rapat yang bisa diselenggarakan dalam frekuensi tinggi. Namun, Anda tak perlu cemas, karena ada tip-tip mudah yang dapat diterapkan untuk memoles kemampuan berbahasa Inggris.

Sisipkan kosakata bahasa Inggris dalam catatan

Vocabulary atau kosakata merupakan komponen penting dalam bahasa Inggris yang malah sering kali dikeluhkan karena sulit dihafalkan. Jumlahnya yang relatif banyak pun semakin membuat orang enggan mempelajari bahasa Inggris.

Dalam hal ini, Anda dapat menyiasatinya dengan memilah kata-kata mana saja yang paling umum digunakan di dunia kerja. Kemudian sisipkan dalam catatan—baik dalam notula atau sticky note warna-warni di kubikel Anda. Pastikan Anda menyimpanya di tempat yang mudah untuk dijangkau dan terlihat pandangan mata.

in house training bahasa inggris untuk karyawan

Bercakap-cakap dengan bahasa Inggris di kantor

Salah satu kelemahan sebagian masyarakat Indonesia saat mempelajari bahasa asing adalah terlalu takut atau malu saat mempraktikannya. Ingat, bahasa Inggris bukan bahasa penutur utama di Indonesia, sehingga tak ada alasan bagi Anda untuk terus minder.

anda dapat juga mengikuti program : les privat bahasa inggris untuk karyawan

Setelah melatih kemampuan tulisan dan hafalan dengan mencatat, sekarang tunjang keterampilan Anda dalam berbicara dan mendengar lewat bercakap-cakap dengan rekan kerja di kantor. Anda tak perlu langsung membangun dialog full in English. Mulai dari yang sederhana seperti sapaan good morning atau pujian seperti your hair looks good.

Pakai bahasa Inggris saat presentasi atau rapat

Satu hal yang perlu Anda pelajari dari in house training bahasa Inggris untuk karyawan adalah cara para trainer dalam menyampaikan materi mereka. Pasalnya, dari sana Anda dapat menerapkannya saat ingin menggunakan bahasa Inggris dalam rapat atau presentasi.

Cara ini akan membantu Anda membangun komunikasi verbal di perusahaan. Seperti halnya bercakap-cakap dengan rekan kerja, Anda tidak perlu mengawalinya dari kalimat-kalimat berat. Pertanyaan simpel seperti is there any question? sudah dapat Anda gunakan, terutama kalau Anda masih mudah grogi saat memakai bahasa Inggris.

Buat hari khusus berbahasa Inggris di perusahaan

Faktanya, lingkungan menjadi salah satu faktor yang membantu kemampuan berbahasa seseorang semakin baik. Jadi, amati lingkungan perusahaan Anda—apakah cukup mendukung untuk pembelajaran bahasa Inggris? Jika selepas in house training tak ada perubahan berarti, maka Anda bisa membangun lingkungan yang menunjang.

Misalnya dengan menciptakan hari khusus berbahasa Inggris seperti Kamis Inggris yang diselenggarakan pemerintah kota Bandung. Anda dapat memulainya bersama rekan-rekan kerja atau langsung mengajukannya ke perusahaan.

Membentuk grup chat untuk belajar bahasa Inggris

Apa Anda dan karyawan satu divisi punya grup chat? Daripada mengisinya dengan percakapan yang membosankan atau kurang berfaedah, manfaatkan aplikasi chatting tersebut sebagai tempat belajar bahasa Inggris. Mulanya mungkin agak sulit, apalagi kalau beberapa rekan kerja Anda tidak mau ikut bergabung.

Anda bisa membuat grup baru dan mengundang kawan-kawan yang punya tujuan sama. Dengan begitu, Anda akan punya teman yang saling mendukung dan berbagi, sehingga keterampilan berbahasa kalian setelah in house training bahasa Inggris untuk karyawan pun ikut meningkat.