8 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar

Berikut 8 pertanyaan yang perlu ditanyakan tentang mendapatkan motivasi dan meningkatkan kebiasaan belajar Anda

  • Apakah Anda punya tujuan?
  • Apakah Anda memiliki ruang belajar?
  • Sudahkah Anda membuat jadwal?
  • Apakah Anda siap untuk belajar saja?
  • Sudahkah Anda membuat daftar apa yang akan dipelajari?
  • Apakah Anda termotivasi?
  • Apa saja hal-hal baik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri?
  • Bagaimana belajar membuat Anda merasa?

Meningkatkan motivasi belajar adalah salah satu perjuangan harian terbesar bagi kebanyakan siswa. Dengan kelas, kegiatan ekstrakurikuler, dan pekerjaan, tidak mengherankan bahwa ketika Anda menemukan sedikit waktu luang, hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah belajar. Jadi kami telah menyusun daftar 8 cara kami yang pasti tentang cara mendapatkan motivasi untuk belajar dan meningkatkan kebiasaan belajar Anda.

Tetapkan tujuan

Jika Anda membaca tips dan trik belajar kami yang lain, Anda mungkin pernah mendengar kami mengatakan ini lebih dari satu kali tetapi menetapkan sasaran S.M.A.R untuk diri sendiri adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan motivasi Anda. Menetapkan tujuan jangka panjang dan jangka pendek akan membantu Anda menjaga akhir yang terlihat saat Anda bekerja keras melalui 15 bab kimia organik. Pastikan bahwa tujuan Anda realistis dan menantang sehingga Anda dapat mencapainya dan mendapatkan manfaat penuh dari itu!

tujuan belajar

Kiat pro: Memposting tujuan Anda di mana Anda akan melihatnya setiap hari adalah cara yang bagus untuk tetap mengingatnya dan kemajuan Anda. Saya selalu membuat tanda untuk digantung di rak di atas meja saya dengan IPK tujuan saya untuk semester itu. Dengan begitu saya memiliki pengingat fisik untuk dilihat setiap hari, dan saya harus membuat sesuatu yang menyenangkan!

Ciptakan ruang belajar Anda yang sempurna

Sungguh menakjubkan apa yang bisa dilakukan oleh lingkungan di sekitar Anda untuk kondisi mental Anda. Mengatur meja Anda sehingga semua yang Anda butuhkan dapat dijangkau adalah cara yang bagus untuk memulai sesi belajar Anda. Jika ruang belajar Anda adalah kamar Anda, ambil sedikit! Tindakan mengambil kekacauan harian Anda (kita semua memiliki setidaknya sedikit) akan membantu Anda untuk menyatakan pikiran Anda bersiaplah untuk memecahkan buku-buku.

Tetapkan jadwal

Tetapkan jadwal belajar (seperti waktu dalam seminggu atau sehari). Ini cara yang bagus untuk mencegah penundaan dari kehidupan sehari-hari Anda.

buat jadwal

Dengan menyisihkan waktu tertentu, Anda tidak hanya akan memastikan bahwa Anda memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan tugas dan belajar untuk ujian Anda, Anda juga akan mulai mempelajari bagian normal dari rutinitas harian Anda.

Lakukan saja!

Bagian tersulit dari hampir semua hal mulai. Tetapi tidak peduli seberapa besar Anda membenci matematika atau sejarah atau mencuci piring, biasanya tidak begitu buruk setelah Anda mulai. Tentukan sendiri tujuan belajar selama 15-20 menit tanpa istirahat dan lihat bagaimana perasaan Anda ketika waktu habis. Kemungkinannya adalah, Anda dapat berkomitmen untuk 15-20 menit lagi.

Dorong Diri Anda

Cara yang cukup umum untuk mendapatkan motivasi untuk gym adalah mendengarkan musik yang memotivasi Anda. Tapi, tahukah Anda bahwa cara kerjanya sama untuk belajar? Kenakan sesuatu yang Anda tahu membuat Anda bersemangat dan membiarkannya memicu pola pikir Anda sebelum Anda memulai sesi belajar Anda. Saya suka mendengarkan ACDC “Back In Black” atau Walk Off the Earth “Rule The World” sebelum beralih ke daftar putar fokus favorit saya.

Lihatlah posting kami tentang bagaimana musik (ditemukan di Spotify) dapat membantu sesi belajar Anda untuk kemacetan belajar yang lebih hebat!

Beri diri Anda sedikit bicara

Ini mungkin membuat Anda merasa konyol pada awalnya, tetapi menatap ke cermin dan berbicara pada diri sendiri sebenarnya dapat membantu Anda untuk merasa termotivasi untuk menyelesaikan tugas apa pun yang Anda harus lakukan. Cobalah mulai dengan mengatakan pada diri sendiri tujuan Anda untuk sesi belajar ini, kemudian lanjutkan dengan cara mencapai tujuan jangka panjang Anda. Sementara Anda melakukannya, lemparkan beberapa hal yang Anda anggap hebat tentang diri Anda sendiri, seperti selera Anda yang luar biasa pada sepatu kets atau keterampilan memanggang kue. Tidak ada yang lebih baik daripada dorongan kepercayaan diri dari pujian untuk membantu Anda memasuki ruang kepala yang tepat.

Hadiahi diri Anda sendiri

Setiap kali Anda mengecek salah satu tujuan studi Anda atau membuat terobosan pada subjek yang sulit, hadiahi diri Anda sendiri! Dapatkan apa saja dari donat hingga papan tulis baru yang manis tergantung pada tujuannya. Sangat menyedihkan untuk bekerja sangat keras pada sesuatu dan merasa seperti tidak ada yang tahu atau menghargai semua kerja keras yang Anda lakukan. Jadi, menghadiahi diri Anda dengan makan malam di luar atau perjalanan ke tempat sampah senilai lima dolar adalah cara yang bagus untuk menunjukkan pada diri sendiri beberapa cinta.

Tuliskan bagaimana perasaan Anda setelahnya

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi tahukah Anda betapa hebatnya perasaan Anda ketika mencapai tujuan besar atau akhirnya menyelesaikan kertas besar itu? Menulis seberapa baik yang Anda rasakan setelah menyelesaikan tugas yang sulit dapat berfungsi sebagai motivasi besar pada saat Anda mengalami kesulitan untuk memulai. Simpan buku catatan di ransel Anda dan tuliskan kemenangan Anda. Dengan begitu, setiap kali Anda membutuhkan dorongan ekstra, Anda akan mendapatkan seluruh buku yang penuh kesuksesan!