5 ALASAN MENGAPA BAHASA INGGRIS KAMU TIDAK BERKEMBANG

5 alasan mengapa bahasa ingris kamu tidak berkembang
Zigma-educonsulting.com – ‘Saya sudah membaca banyak buku pembelajaran bahasa Inggris mulai dari tips bagaimana bicara dengan tancar hingga menguasai grammar dengan cara yang cihuy, tapi kenapa saya tetap merasa bahasa tnggris saya gitu-gitu aja ya, Mas?”
Saya harus katakan dan akui bahwa tulisan saya dalam buku ini dan juga buku pembahasan bahasa Inggris dari penulis-penulis lain, e-book, video tutorial, atau mungkin e-mail subscription, jauh dari kata sempurna. Tidak ada satu pun karya manusia yang sempurna karena sejatinya kesempurnaan hanyalah milik Tuhan.

5 ALASAN MENGAPA BAHASA INGGRIS KAMU TIDAK BERKEMBANG

Untuk menjawab pertanyaan di atas, saya akan mengatakan bahwa hasil pembelajaran yang kamu |alui akan kembali kepada dirimu sendiri. Bukan hanya sekadar dari buku yang kamu baca, video yang kamu tonton, atau email yang kamu terima setiap harinya. Melainkan seberapa serius kamu berusaha, seberapa gigih kamu menghadapi setiap tantangan yang kamu temui, dan seberapa besar impian kamu untuk benar-benar mahir berbahasa lnggna
“Saya sudah harusaha maksimal, Mas. Saya berlatih setiap hari dan saya tuthkan Implan saya dengan jelas di dinding kamar bahwa saya Ingin mahir bahasa Inggris, tapi kenapa momen Itu tak kunjung datang?”
Nathka memang kamu merasa kemampuan berbahasalnggris kamu “gitu gltu aja’i maka tidak ada salahnya kamu memahami “5 alasan mengapa bahasa Inggris kamu tidak berkembang”yang saya tullskan berikut Ini:

1. Kamu tidak meluangkan waktu yang cukup

Seperti yang beberapa kall pernah saya tekankan sebelumnya, belajar bahasa Inggrls membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Maka darl Itu, saya selalu menyarankan agar meluangkan waktu untuk belajar bahasa lnggrls. Bukan sebaliknya, belajar bahasa Inggris di waktu luang. Saya sarankan untuk meluangkan waktu satu Jam agar benar-benar efektif dalam belajar bahasa Inggris. Pastikan benar-benar efektif. Fokuskan perhatian dan energimu dalam kurun waktu satu jam tersebut. Jauhkan diri dari handphone apalagi Internet, karena itu bisa menjadi gangguan yang besar untuk kamu.
5 alasan mengapa bahasa ingris kamu tidak berkembang
“Tapi Mas, saya sibuk sekali, loh.” Nah, kembali ke pertanyaan saya, seberapa serius kamu Ingin menggapai impianmu untuk belajar bahasa Inggris? Jika itu sangat besar, usahakan cari waktu yang tepat untuk belajar. Bisa sebelum tidur, di waktu istirahat siang, atau bahkan saat kamu baru bangun tidur. Contohnya. saya termasuk orang yang mudah mengantuk saat malam tiba,
Saya merasa tidak efektif jika saya harus belajar pada malam hari, Sebagai gantinya, saya bangun lebih awal untuk belajar. Untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, kita terkadang juga harus berkorban, ‘kan?
Jika memang satu jam terlalu memakan waktumu, misal kamu memang hanya memiliki waktu di akhir pekan, saya sarankan untuk tetap belajar setiap hari minimal selama 10 hingga 15 menit. lni lebih baik daripada tidak belajar sama sekali. Jadi, tidak meluangkan waktu yang cukup untuk belajar bisa menjadi penyebab mengapa bahasa lnggris kamu stagnan.

2. Kamu terlalu pasif

Bayangkan jika kita memiliki kemampuan untuk belajar dan menyerap segala ilmu yang ingin kita kuasai dalam keadaan tidur. Saat bangun, tiba-tiba kita sudah memiliki pengetahuan dan keahlian baru. Asyik banget, ya? Sayangnya tidak ada proses belajar yang semacam itu.
Dalam bahasa Inggris, dan juga ilmu keahlian lainnya, kita diharapkan benar-benar melakukan proses pembelajaran aktif.
Tidak cukup rasanya jika kita hanya duduk diam bersandar pada sebuah sofa empuk dan nyaman selama berjam-jam, memegang buku bahasa Inggris yang tebal dan terkadang nampak seperti bantal yang bisa dijadikan alas tidur, lalu berharap kita bisa langsung mengembangkan kemampuan bahasa Inggris kita dengan begitu saja.
. Gunakan apa yang telah kamu pelajari dengan cara yang aktif, Misalnya dengan latihan membuat   kalimat menggunakan kosakata  baru yang kamu dapat dari buku  yang kamu baca, memperbarui status di Facebook atau menulis  tweet dengan bahasa Inggris, berlatih English conversation bersama partner belajar kamu, menulis diary dalam bahasa Inggris, bahkan mungkin berbicara dengan diri sendiri dalam  bahasa inggris.
Kata kuncinya adalah gunakan pengetahuan yang kamu miliki secara aktif karena untuk bisa berbahasa Inggris dengan baik, tidak akan cukup jika kita hanya duduk diam dan berusaha menyerap bahasa itu dengan sendirinya.

3. Kamu tidak melakukan review

Kebanyakan pembelajar bahasa inggris mengabaikan pentingnya melakukan review. ”Review itu apa, Mas? Itu padanan katanya ‘kangen’ya?” Itu mah rinduuuu
Review adalah sebuah proses  sendiri, seberapa kamu pelajari. Bagaimana melakukan evaluasi, Kamu  pemahaman kamu pada menanyakan dirim hasillatihan yang baru materi yang sudah saja saya kerjakan? Bagaimana kemampuan saya dalam menerapkan apa yang baru saja saya pelajari dalam kehidupan nyata?
Banyak orang yang ingin belajar dengan cepat sehingga ia _ menghabiskan bahan belajar, dari sebuah buku misalnya, dengan sangat cepat pula. Mereka enggan melakukan review. Hasilnya?
Setelah buku itu selesai ia baca, mungkin ia hanya ingat apa yang dituliskan di awal dan juga di akhir buku. Jika sedikit beruntung, ia mungkin juga akan sedikit mengingat apa yang ada di bagian tengah buku itu.
Review sangatlah penting untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Dengan melakukan review, kita akan mengirimkan sebuah sinyal kepada otak kita yang mengatakan, “Ini penting, loh. Jangan sampai lupa!” Dengan sinyal itulah kita akan terus memperdalam ilmu yang baru saja kita pelajari sembari memperkuat ilmu yang sebelumnya sudah kita pelajari.
Sekarang, tanyakan pada dirimu sendiri, ”Sudahkah saya melakukan review setiap kali belajar?”

4. Kamu terlalu bergantung pada bahasa Indonesia

Memang mudah dan menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris melalui bahasa Indonesia, bahasa yang memang pada dasarnya sudah kita kuasai dan kita gunakan sejak kita kecil. Namun. terkadang ini menjadi sebuah ‘jebakan’yang membuat kita terlalu nyaman dan cenderung bergantung pada bahasa Indonesia untUk belajar bahasa Inggris.
Tidak salah jika belajar bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa Indonesia, apalagi bagi yang baru memulai belajar bahasa Inggris. Namun perlu kita perhatikan lagi bahwasanya belajar bahasa Inggris dengan pengantar bahasa Indonesia hanya akan membuat kita mendapatkan pengetahuan teoritis saja. Pembelajaran teoritis memang penting, tapi akan lebih baik apabila kita melengkapinya dengan ilmu praktik.
Ilmu praktik ini bisa kita dapatkan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu kamu menggunakan pengantar bahasa Inggris dalam proses pembelajaran. Misalnya kamu ingin belajar bagaimana cara melakukan presentasi dalam bahasa Inggris, maka cobalah cari di Google atau Youtube ”How to have effective English presentation”. Kata kunci ini akan membawa kamu ke sumber-sumber informasi ‘ berbahasa Inggris dalam bentuk artikel, infografis, atau bahkan video.
Memang pada awalnya kamu akan merasa kesulitan untuk belajar melalui bahasa Inggris, namun percayalah, cara ini akan membantu kamu menguasai bahasa Inggris Iebih cepat. Buat hal ini menjadi sebuah kebiasaan, sehingga Iama-kelamaan kamu akan semakin nyaman untuk belajar bahasa Inggris melalui bahasa aslinya.
Coba lihat sedikit ke belakang, apakah selama ini kamu sudah belajar dengan cara tersebut? Atau masih terlalu nyaman untuk belajar bahasa Inggris melalui bahasa Indonesia saja?

5. Kamu tidak menggunakan bahasa inggris secara kontekstual

Terkadang saya menemui orang yang perbendaharaan kosakata bahasa Inggrisnya banyak, tapi ketika ia berbicara, la seolah kebingungan dalam merangkai kata sehingga apa yang ia sampaikan pun menjadi tidak jelas. Hanya mengetahui arti dari sebuah kata dalam bahasa Inggris itu tidak cukup, loh! Kita juga harus tahu konteks penggunaannya. Kita harus tahu kapan, bagaimana, bahkan kepada siapa kita menggunakan kata tersebut.
Contoh sederhananya adalah kata”Hi!” Kita harus tahu apakah kita memakai kata ini dalam keadaan formal atau informal; apakah kita gunakan untuk bicara kepada orang yang lebih tua atau lebih muda; atau bagaimana? Jika kita tidak tahu situasi dan kondisi yang tepat untuk menggunakan kata ini, kita bisa dianggap tidak sopan oleh lawan bicara kita.
Inilah pentingnya sebuah konteks. Jadi, setiap kali kita menemukan sebuah kata baru, cobalah untuk tidak hanya mencari arti dari kata tersebut, tapi juga mencari tahu bagaimana menggunakannya dalam sebuah kalimat. Dalam hal ini, saya sarankan kamu menggunakan kamus inggris-inggris seperti Oxford atau Cambridge. Kamus-kamus ini memberikan sebuah contoh yang sederhana namun dapat kita pahami. Sehingga kita akan tahu bagaimana menggunakan satu kata dalam bahasa inggris secara tepat dalam sebuah kalimat.
Sekali Iagi saya tekankan bahwa tidak salah untuk mencari tahu arti dari sebuah kata bahasa Inggris, malah kita memang harus mencari tahu artinya. Namun, jangan berhenti sampai di situ saja, Kita juga melakukan pendalaman akan kegunaan kata tersebut.
Mungkin saja, penyebab kemampuan bahasa Inggris kita tidak berkembang adalah karena kita tidak mempelajari bahasa sesuai dengan konteksnya.
Maka dari itu, saya sarankan, selain belajar kosakata, belajarlah frasa atau kalimat-kalimat sederhana agar kamu bisa mengetahui bagaimana sebuah kata digunakan. Misalnya, daripada hanya mencari arti kata “promise” saja, kamu bisa belajar dan menuliskan kata-kata yang berkaitan dengan ”promise”. Contohnya: “lpromise to keep your secret ‘: “Never try to break your promise”, dan sebagainya. Demikian 5 alasan mengapa  bahasa inggris kamu tidak berkembang .
terakhir dari saya jika perlu mengikuti kursus bahasa inggris bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu, selain mendapatkan materi yang dibutuhkan juga tentunya belajar akan menjadi terarah dan terbimbing  Zigma edu Consulting bisa menjadi pilihan terbaik.

Leave a Reply

Required fields are marked*